Ide Game Seru Untuk MPLS Offline

Playmistover.comGame MPLS Offline. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh seluruh siswa baru. Kemudian, kegiatan ini di lakukan selama 3 hari secara online atau offline dengan tujuan untuk mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Beberapa hal penting yang berhubungan dengan sekolah akan di perkenalkan kepada siswa baru, mulai dari cara belajar, guru yang mengajar, ruangan kelas, kegiatan sekolah dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, setiap sekolah akan menyampaikan materi yang berbeda. Mulai dari kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, pendidikan karakter, cara belajar efektif, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja ide game seru Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang bisa di terapkan untuk siswa baru? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di atas.

Gambar by Aboutmalang.com

Ide Game Seru Untuk MPLS Offline

Berikut ini adalah beberapa ide game seru yang dapat di terapkan dalam kegiatan tersebut secara offline, antara lain:

1. What’s my name?

Pertama adalah What’s My Name?. Permainan ini dapat di lakukan oleh seluruh siswa, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Kemudian, pemain harus bisa menebak identitas seseorang dengan mencari petunjuk dari jawaban melalui pertanyaan dengan format yes or no question. Hal ini tentunya dapat mencairkan suasana saat kegiatan MPLS dan meningkatkan keterampilan komunikasi dengan siswa baru.Untuk langkah-langkah bermain game ini di mulai dari siswa yang menulis nama seseorang (tokoh, artis, atlet dan lain sebagainya) pada kertas. Kemudian, kertas tersebut di tempel di bagian belakang pemain lain. Poin pentingnya adalah anggota kelompok lain yang dapat melihat nama orang tersebut. Permainan semakin seru ketika siswa yang mendapat giliran untuk menebak nama orang yang tertulis tersebut mengajukan berbagai pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak. Hal ini di lakukan agar bisa membantu dalam mengetahui nama orang tersebut. Setelah siswa berhasil menebak nama, langkah selanjutnya dapat bergantian dengan siswa lainnya.

Gambar by Rukita.com

2. Estafet Hula Hoop

Kedua adalah estafet hula hoop. Permainan ini dapat di lakukan menggunakan dua buah hula hoop yang terbuat dari rotan ataupun plastik. Namun, di sarankan tidak menggunakan model hula hoop lepas pasang saat bermain game tersebut. Agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasang hula hoop tersebut. Kemudian, cara bermain game tersebut di mulai dengan setiap kelompok yang wajib melewati hula hoop tanpa melepaskan genggaman dari satu siswa ke siswa lainnya. Pemenangnya dapat di tentukan dari kelompok yang paling cepat dalam melewati hula hoop tersebut. Dengan begitu, setiap kelompok akan berlomba-lomba untuk kompak dalam menyelesaikan atau mencari strategi agar bisa menang dalam permainan tersebut.

Gambar by Kumparan.com

3. Ekor Naga

Ketiga adalah ekor naga. Permainan ini membutuhkan kekompakan dari setiap kelompok dan bisa di lakukan dalam kegiatan MPLS siswa baru, baik indoor ataupun outdoor. Kemudian, cara melakukan permainan ini bisa di mulai dengan membagi siswa menjadi dua kelompok atau lebih dengan menyesuaikan jumlah keseluruhan. Lalu, setiap kelompok harus membuat barisan panjang dan saling menyatu dengan anggota lain. Setelah itu, antar kelompok tersebut saling berhadapan dan anggota yang berada di urutan belakang bertugas menjadi ekor naga dan anggota di depan sebagai kepala naga. Nah, kepala naga tersebut bertugas untuk mengincar ekor naga di kelompok lain. Sedangkan ekor naga harus menghindari kepala naga dari kelompok lain. Poin pentingnya apabila setiap kelompok berhasil menarik ekor naga dari kelompok lain maka dapat dinyatakan menang.

4. 3, 6, 9 Dor!

Keempat adalah 3, 6, 9 Dor!. Tujuan dari permainan ini dapat melatih siswa dalam melakukan konsentrasi tanpa harus menggunakan alat bantu. Kemudian, dalam melakukan permainan tersebut di mulai dengan membentuk siswa menjadi lingkaran. Lalu, siswa menghitung mulai dari angka 1 sampai angka 100. Poin pentingnya, yakni siswa yang mendapatkan giliran akan menghitung nomor 3 atau kelipatan 3, maka siswa tersebut harus mengatakan “Dor”. Nah susunan angka yang dapat di dengar nantinya, mulai dari ‘1, 2, dor, 4, 5, dor, 7, 8, dor, dan seterusnya’. Apabila siswa menyebut angka 3 atau angka kelipatan 3 lainnya, maka di nyatakan kalah dan tereleminasi dari permainan 3, 6, 9, Dor.

Demikian penjelasan tentang ide game seru untuk MPLS offline yang dapat di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga bermanfaat.