Cara Bermain Softball Beserta Aturannya

Playmistover.comCara Bermain Softball dapat di lakukan dengan mudah. Softball merupakan salah satu jenis olahraga yang di lakukan dengan beregu atau membutuhkan dua tim (tim menyerang dan tim bertahan). Olahraga ini menjadi bentuk pengembangan dari permainan baseball atau hardball. Dalam melakukan rangkaian permainan tersebut, bola akan di lempar oleh pelempar atau di kenal dengan pitcher. Kemudian, ada pemain lainnya yang menjadi sasaran lawan dengan memukul tongkat. Selanjutnya, olahraga ini sangat populer di mainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Lalu, bagaimana cara melakukan permainan tersebut? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Gambar by Kumparan.com

Cara Bermain Softball dan Aturannya

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan bermain olahraga tersebut dan aturannya, antara lain:

1. Peraturan

  • Menyiapkan peralatannya terlebih dahulu, mulai dari alat pemukul (bats), bola, sarung tangan, body protector, helmet dan base.
  • Setiap kelompok atau tim terdiri dari sembilan pemain yang di pimpin oleh kapten.
  • Saat melakukan pergantian pemain harus memberitahukan kepada umpire atau wasit yang mengamati pertandingan.
  • Pemain yang di ganti tidak boleh bermain lagi.
  • Susunan pemain dalam permainan softball terdiri dari satu pitcher’s (pelempar) pada posisi 1, satu orang catcher’s (penangkap) pada posisi 2, tiga base man (posisi 3, 4, dan 5), satu short stop pada posisi 6, dan penjaga lapangan (left field, center field, dan right field).
  • Sebelum permainan di mulai dapat di lakukan undian menggunakan uang logam. Hal ini bertujuan untuk menentukan tim penjaga (Home-Team/TM) dan tim pemukul (Visiting-Team/VT)
  • Jumlah permainan di lakukan dalam 7 inning. Kemudian, setiap tim dapat bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi tim penjaga dalam 1 inning.
  • Jika tim tidak datang ke lapangan saat waktu bertanding, maka di nyatakan kalah dengan nilai atau skor 7-0.
  • Jika terjadi out yang ke-3 di base 1 (bahkan sebelum mencapai base) maka nilai tidak di hitung.
  • Ada 4 orang wasit yang terdiri dari wasit kepala dan base umpire sebanyak 3 orang.
Gambar by Kumparan.com

2. Teknik Memegang Bola

Dalam memegang bola dalam permainan softball di lakukan dengan menyesuaikan pada ukuran tangan pemegang bola. Mulai dari empat jari, tiga jari dan dua jari. Kemudian, jika ukuran  tangannya besar dapat menggunakan pegangan bola dengan dua jari. Namun, jika pemain yang bertugas memegang bola memiliki ukuran tangannya kecil (jari-jari pendek) dapat menggunakan tiga atau empat jari. Poin pentingnya dalam memegang bola adalah jari yang di gunakan untuk memegang harus renggang.

3. Teknik Melempar Bola

Dalam teknik melempar bola dapat di lakukan dengan beberapa cara. Pertama, teknik overhand throw (lemparan atas) dengan mengayunkan lengan ke atas melewati garis horizontal di bagian sendi bahu. Kedua, teknik sidehand throw (lemparan samping) bertujuan untuk melempar bola dalam jarak yang pendek. Ketiga, lemparan bawah yang di gunakan dalam keadaan darurat dan di lakukan dengan waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki di tekuk.

Gambar by Kumparan.com

6. Teknik Menangkap Bola

Teknik menangkap bola dapat di lakukan dengan bola datar (straight ball). Hal ini dapat di terapkan dengan posisi badan berdiri, kaki mengangkang, pandangan mata lurus ke depan, dan posisi tangan di depan dada. Kemudian, teknik bola lambung dengan posisi badan berada di tempat bola jatuh dan menangkap menggunakan satu atau dua tangan secara bersamaan. Selanjutnya, ground ball (bola menggelinding) dengan menangkap bola dalam posisi berlutut.

Demikian penjelasan tentang cara bermain softball beserta aturannya dalam artikel ini. Semoga bermanfaat 🙂