Cara Main Gaple dan Memenangkannya Bagi Pemula

Playmistover.comCara main gaple bagi pemula sebenarnya tidaklah sulit dan aturan atas permainannya juga terbilang mudah. Selain itu, kartunya bisa kamu beli dengan mudah di alfamart, indomaret, maupun supermarket besar lainnya juga ada. Dalam game tersebut, sudah terdiri atas 28 kartu yang mana memiliki bulatan pada tiap sisi kartunya. Nah, jenis kartu ini disebut sebagai kartu domino.

Kartu gaple sendiri telah menjadi sebuah kartu yang biasa di sebut oleh masyarakat Indonesia. Di kartunya, terdapat nama balak atau satu kartu yang mana memiliki angka kembar pada dua segi, Contohnya : 0-0, 1-1, 2-2. 3-3 dan lain sebagainya.

Cara Main Gaple Sesuai Aturan Gamenya

Aturan pada permainan gaple sebenarnya sedikit, sisanya tergantung dari para pemain yang memang ingin membuat aturan sendiri. Maksimalnya, bisa di mainkan oleh 4 orang saja. Setiap pemain nantinya akan mendapatkan 7 kartu dengan nilai acak. Orang pertama yang kartunya habis akan menjadi pemenangnya. Untuk putaran selanjutnya, pemain yang memenangkan game tersebut berhak untuk bisa membuang kartu duluan.

Apabila seorang pemain bisa mendapatkan lebih dari 5 kartu balah atas kedua sisi kartu nilainya sama, maka permainan di ulang. Sebab, pemain bisa di pastikan tidak akan mendapatkan kemenangan yang di anggap tak adil. Apabila kamu tidak memiliki kartu yang bisa di buang, maka kamu bisa melakukan pass. Jika permainan tidak bisa di lanjutkan lagi ata seluruh kartu pemain tidak bisa di buang, maka nantinya akan di sebut sebagai gapleh.

Untuk bisa menentukan pemenang pada posisi tersebut, maka para pemain harus melihat pada nilai kartu yang tersisa. Pemain dengan nilai kartu kecil di banding pemain lainnya, akan menjadi pemenang. Tetapi, jika kamu hanya memiliki kartu balak 0 dan posisinya sedang gaple, maka kartu kamu akan memiliki bilai 25. Namun jika kamu memiliki kartu yang salah satu dari sisinya bernilai 0, maka balak 0 akan tetap saja 0.

Tips dan Trik Bermain Gaple Secara Profesional Agar Menang

Jika kamu tertarik untuk bisa memainkannya, maka wajib mengetahui seperti apa trik terbaik di dalam memainkannya. Berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu coba nantinya : 

1. Mengamati Kartu Sendiri

Pertama adalah harus bisa mengamati kartu milik sendiri. Apabila dari 7 kartu dan kamu berhasil mendapatkan 5 kartu yang sama, maka kamu nantinya akan memiliki peluang menang tinggi. contoh atas 5 kartunya dengan salah satu sisinya terdiri atas angka 1 sebagai berikut : [1|0] – [1|2] – [1|5] dan [1|6]. Jika kamu memiliki 5 kartu berangka satu di salah satu sisinya, maka kartu yang berangka 1 hanya akan tersisa 2 lagi. Jadi, pada saat angka 1 keluar, pemain lain nantinya cenderung melakukan pass. Itu semua lantaran sebagian besar dari kartunya berada  di tangan kamu. Untuk lebih jelas, contohnya ada di atas.

2. Utamakan Untuk Bisa Membuang Kartu Besar  / Balak

Jika kamu tidak mendapatkan kartu seperti contoh di atas, maka prioritaskan untuk membuang kartu besar dan balak. Hal ini di karenakan, saat terjadi gaple maka nantinya akan langsung kalah ketika memegang kartu besar. Terutama sekali jika kamu memiliki balak 0, 5, ataupun 6. Maka, wajib bagi kamu membuang kartu tersebut lebih dulu. Selain karena memiliki nilai besar, kartu tersebut juga sulit untuk di buang.

Meskipun nantinya akan sulit untuk memenangkan permainan jika kartu kamu kurang bagus. Tapi tetap saja, akan ada kesempatan memiliki pada posisi gapleh. Jika kamu membuang semua kartu besar dan balak, sampai akhirnya memiliki kartu kecil. Maka, kesempatan memenangkan permainan jauh lebih besar.