Cara Mudah Setting Stik di PC Untuk Pemula

Playmistover.comCara Setting Stik di PC Untuk Pemula. Stik merupakan alat yang di gunakan untuk melakukan kontrol dalam permainan melalui perangkat komputer, PC dan PlayStation. Hal tersebut tentunya dapat memberikan kemudahan kepada pemain dalam menggerakkan karakter dan berbagai aksi lainnya. Kemudian, ada beberapa tombol dengan fungsinya yang berbeda-beda. Mulai dari analog stik (mengontrol pergerakan), start (menu permainan), select (pemilihan opsi permainan) dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara setting alat tersebut di perangkat PC untuk pemula? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by zanoor.com

Cara Setting Stik di PC Untuk Pemula

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan setting stik di perangkat PC, antara lain:

1. Pemilihan Stik

Pertama, Anda dapat melakukan pemilihan stik yang akan di gunakan dalam perangkat PC. Untuk hal ini, Anda harus memastikan alat tersebut kompatibel dengan PC yang di gunakan. Pasalnya, ada beberapa yang di lengkapi dengan fitur driver dan software khusus dalam mendukung fungsi stik pada PC. Selain itu, Anda dapat membaca tata cara penggunaan produk tersebut dan kompatibilitas stik dengan PC. Hal ini dapat di lakukan sebelum melakukan proses setting.

Gambar by tisucoding.com

2. Menghubungkan Stik ke PC

Kedua, Anda bisa menghubungkan stik setelah memastikan kompatibel dengan PC. Kemudian, terdapat dua jenis pemasangan stik yang berbeda, yakni stik kabel USB dan nirkabel (wireless). Pasalnya, stik USB di lengkapi dengan fitur vibration dan sistem plug n play. Apabila Anda menggunakan jenis ini, maka bisa langsung di colokkan ke port USB yang ada di PC. Sementara itu, stik nirkabel di buat tanpa kabel dan di ganti dengan receiver kecil yang di masukkan pada port USB di PC. Sebelum permainan di mulai, Anda harus memastikan stik tersebut sudah terhubung dengan PC,

3. Mengatur di Perangkat PC

Ketiga, Anda dapat mengatur koneksi stik di perangkat PC. Sebelumnya, Anda bisa menginstall software tambahan apabila di perlukan (menyesuaikan panduan produk). Hal ini di lakukan agar fitur stik dapat berfungsi dengan baik dan terhubung dengan PC. Setelah itu, Anda langsung melakukan setting sistem dengan membuka pengaturan dan memilih opsi “perangkat”. Lalu, pilih opsi “Stik” atau “Controller” pada menu bagian kiri. Selanjutnya, PC yang Anda gunakan akan otomatis mendeteksi stik tersebut.

Gambar by tisucoding.com

4. Konfigurasi dan Uji Coba Stik

Keempat, lakukan konfigurasi stik dengan preferensi yang Anda gunakan. Kemudian, pengaturan ini terdiri dari fungsi tombol, sensitivitas stik dan lain sebagainya. Setelah itu, Anda bisa melakukan uji percobaan menggunakan perangkat bawaan dari Windows atau aplikasi pihak ketiga. Hal ini di lakukan dengan tujuan untuk memastikan tombol dan fungsinya dapat di jalankan dengan baik.

Tips Pemasangan Stik

Adapun beberapa tips memasang stik yang bisa di terapkan, antara lain:

  • Sebelum membeli stik, Anda harus memahami spesifikasi yang terdapat dalam produk tersebut. Hal ini di lakukan agar tidak salah membeli dan menemukan stik yang kompatibel dengan PC Anda.
  • Pastikan menggunakan jenis pemasangan stik yang nyaman. Mulai dari kabel USB, nirkabel dan lain sebagainya.
  • Apabila stik yang di gunakan membutuhkan instalasi software, maka Anda dapat menginstall dengan benar menyesuaikan pada panduan dalam produk tersebut.

Demikian penjelasan menarik tentang cara mudah setting stik di PC untuk pemula dalam artikel di atas. Semoga pembahasan tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca.