Pengembangan dan Gameplay Mistover, Rancangan Krafton !

Gameplay Mistover – Mistover merupakan game RPG dungeon crawler yang terbilang cukup unik. Di rilis pertama kali pada tahun 2019. Mistover bisa di mainkan di beberapa platform seperti Microsoft Windows, Nintendo Switch, bahkan hingga PS4. Adapun alur cerita dari game besutan Krafton ini adalah tentang perjalanan sekelompok petualang yang sedang dalam pencarian dengan tujuan untuk menemukan sumber invasi.

Di mana memungkinkan pemain melakukan navigasi lingkungan bersama dengan pemain lainnya untuk memulihkan dunia yang berantakan karena makhluk mengerikan. Selain itu kamu juga nantinya bisa mendapatkan hasil jarahan dari eksplorasi level.

Game satu ini memang di rancang agar sulit untuk di mainkan. Hal ini di karenakan pengembang yang tidak lain adalah Krafton ingin menciptakan ketegangan yang konstan dan area penjara bawah tanah yang berbahaya. Degan begitu nantinya pemain akan merasa tertantang dan memaksanya membuat keputusan yang tepat. Menariknya ada banyak aspek dari desain gameplay Mistover ini di mana terinspirasi dari game dengan genre yang sama yakni Darkest Dungeon dan Etrian Mystery Dungeon.

Pengembangan game Mistover

Krafton sendiri mengembangkan game Mistover tidak lain sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk mendiversifikasi plaatform penerbitan game perusahaan sekaligus menjangkau pengguna global dengan lebih baik. Memiliki kecepatan yang cenderung lambat terutama dalam hal eksplorasi dan pertempuran selama tahap awal permainan. Sehingga nantinya pemain di haruskan untuk mempertimbangkan setiap tindakan dengan hati-hati agar tidak menerima konsekuensinya.

Serupa dengan game lainnya, setiap karakter yang ada di game ini juga memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Pada awalnya untuk mempromosikan Mistover, versi demo dalam game ini pertama kali dipamerkan di konvensi video game dan di rancang dalam versi potongan. Bahkan dalam promosi awal juga game ini cenderung mudah untuk dimainkan agar tidak terlalu mengintimidasi pemain.

Gameplay Mistover

Di awali dari makhluk asing yang menyerang dunia, sekelompok pahlawan petualang yang di kendalikan oleh pemain bertugas untuk melakukan perjalanan agar menemukan asal-usul monster. Dalam game ini setidaknya terdapat 5 wilayah yang berbeda-beda di mana setiap ruang terdapat berbagai jalur, portal, hingga jebakan labirin.

Selain itu sebelum memasuki ruangan bawah tanah, pemain akan bisa menggunakan fasilitas diarea hub game. Yang bertujuan untuk mengelola daftar pahlawan dan item. Tidak hanya itu saja, kamu bisa merencanakan jalur wilayah yang memang belum di petakan. Agar bisa mencari pintu keluar ruang bawah tanah sekaligus menemukan kunci dan harta karun. Pemain akan mengendalikan langsung pemimpin kelompok selama eksplorasi. Sedangkan anggota lainnya akan mmuncul saat bertransisi ke urutan pertempuran terutama setelah berhadapan dengan musuh.

Demi kelangsungan hidup selama eksplorasi, karakter bisa mengkonsumsi makanan untuk meredakan rasa lapar dan memulihkan poin serangan. Sedangkan untuk menghindari pertemuan musuh, maka pemain bisa besembunyi di semak-semak.

Adapun fitur utama dalam permainan ini adalah permadeath di mana karakter pemain yang kehilangan semua kesehatannya akan di anggap mati secara permanen sehingga tidak bisa di gunakan lagi. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka pemain harus merekrut karakter baru yang di buat secara acak.

Karakter dalam permainan Mistover di bedakan menjadi beberapa kelas seperti the Witch, Shadow Blade, Grim Reaper, Paladin, Ronin, Sister, Werewolf dan Onmyouji.

Demikian ulasan seputar game Mistover yang menarik untuk dibahas. Meskipun game ini cenderung cukup menantang, namun sayangnya setelah dirilis 10 Oktober 2019, game Mistover dihapus disemua platform digital tepatnya pada Juni 2022. Hal ini tidak lain disebabkan oleh banyaknya kritik mengenai sistem permainan yang keras dan berulang.