Ini Dia Game Moba Pertama Di Dunia dan Sejarahnya

Playmistover.comGame moba pertama di dunia kira-kira, apa ya ? Untuk saat ini sih, yang paling populer masih di pegang oleh Mobile Legends. Karena, game tersebut telah melakukan banyak ajang turnamen untuk setiap seasonnya. Selain itu, ada juga League of Legends World Championship yang masuk dalam ranah populer lainnya. Tapi, untuk game PC nya, Dota 2 adalah pemenang atau andalan bagi pemain lama. Namun, bukan ketiga itulah yang menjadi game moba pertama. Berikut ini ada beberapa daftarnya.

Aeon of Strife Game Moba Pertama di Dunia

Mod, telah menjadi awal atas sejarah MOBA. Tepatnya pada tahun 1998, Modder Aeon64 sudah membuat custom map bagi StarCraft, game Real-Time Strategy buatan Blizzard. Petanya sendiri di namai dengan Aeon of Strife. Pad Mod tersebut, 4 pemain akan tergabung ke dalam 1 tim dan melawan tim musuh yang di kendalikan AI. Tiap pemain nantinya akan mengendalikan 1 hero unit. Tujuan utamanya tentu saja demi bisa mempertahankan markas mereka dan segera menghancurkan markas musuh. Untuk dapat mencapai markas tersebut, ada 3 jalur atau lines yang dapat di pilih oleh para pemainnya.

Walau Aeon of Strife ini sudah masuk ke dalam pondasi dari genre MOBA. Ia tetap mempunyai beberapa perbedaan dengan game MOBA yang saat ini di mainkan. Salah satunya ada pada Aeon of Strife, yang tiap timnya hanya terdiri atas 4 orang. Selain daripada itu, musuhnya bukanlah player asli, akan tetapi AI. Dan perkara hero yang di gunakan pun, tidak pernah naik level sampai peta permainan tidak memiliki jungle.

Defense of the Ancients atau DOTA

Tahun 2002, Blizzard telah merilis game RTS terbarunya yang berjudul Warcraft 3. Ini sama saja seperti StarCraft, gamenya telah di lengkapi oleh tools yang mana memungkinkan pemain untuk dapat membuat peta / skenario khusus. 1 tahun setelah berhasil di luncurkan, seorang map editor bernama Eul pun membuat MOD dengan nama Defense of the Ancients. Yang mana telah mengambil inspirasi dari Aeon of Stife. Kemudian tak lama Eul merilisnya, muncul sudah banyak varian mod dari Dota.

Tujuan utama para pemainnya ialah menghancurkan markas musuh, yang langsung terhubung dari 3 lines berbeda. Pada Mod tersebut, pemain juga hanya bisa memainkan 1 hero unit saja dan kali ini tidak melawan tim AI. Perbedaan di antara DOTA dengan Aeon adalah timnya kali ini sudah terdiri atas 5 orang. Lalu, hero pemain juga bisa naik level dengan peta / map di penuhi oleh jungle creeps.

Demigod Game Moba Pertama di Dunia

Popularitas Dota telah menarik banyak perhatian developer game. Sehingga, salah satu dari mereka tertarik untuk membuatnya dan terjadi pada Powered Games. Ia telah berhasil mengeluarkan permainan dengan judul Demigod dan perilisannya sudah dari tahun 2009 atau bahkan sebelum istilah MOBA keluar. Kala itu, permainan dengan genre MOBA memang jauh lebih di kenal sebagai DOTA. Karakter utama dari game ini ialah Demigod, yang mana mirip seperti Dota selaku mod atas Warcraft 3. Kemiripan inilah, lantas membuat Demigod sendiri gagal meraih minat para gamers. Selain daripada itu, saat peluncuran pun, Demigod sempat mengalami masalah di server.

Game Heroes of Newerth

Gamenya muncul di tahun 2010 setelah Demigod. Namanya adalah Heroes of Newerth yang telah di buat oleh S2 games. Namun sayangnya, S2 Games merilis gamenya sebagai premium yang memang membatasi pemain dalam hal memainkannya. Tapi, S2 Games pada akhirnya juga memiliki keputusan di akhir yang nantinya akan menjadikan Heroes of Newerth sebagai permainan gratis. Walau begitu, permainannya tak pernah meraih popularitas seperti League of Legends.