Cara Mudah Main Capsa Susun Untuk Pemula

Playmistover.comCara Main Capsa. Capsa susun merupakan permainan yang sangat populer di berbagai kalangan, khusunya anak-anak. Pasalnya, game tersebut sangat menyenangkan karena dapat melatih keterampilan logis. Kemudian, permainan ini di lakukan menggunakan kartu remi yang terdiri 52 kartu. Setelah itu, game tersebut dapat di mainkan oleh 4 pemain dengan menyusun 13 kartu untuk mendapatkan nilai tertinggi. Lalu, bagaimana cara bermain game tersebut? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by Medium.com

Aturan Permainan

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan, antara lain:

  • Pertama, susunan kartu terdiri dari tiga baris, mulai dari barisan atas (3 kartu), barisan tengah (5 Kartu), dan barisan bawah (5 kartu).
  • Kedua, aturan dalam penyusunan kartu di mulai dari barisan bawah harus kartu yang paling bagus. Kemudian, barisan bawah harus lebih tinggi nilainya dari kartu tengah, dan barisan tengah harus lebih bagus dari kartu yang paling atas. Jika terjadi kesalahan dalam proses penyusunan kartu maka artinya kalah. Untuk melakukan perhitungan kartu dapat di mulai saat waktu sudah habis.
  • Ketiga, kartu yang tertinggi adalah kartu As. Sementara itu, kartu yang paling rendah adalah kartu 2. Kemudian, gabungan jenis kartu yang tertinggi ke terendah terdiri dari Skop, Hati, Kriting dan Wajik.
Gambar by Medium.com

Cara Main Capsa Susun Dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat di lakukan dalam bermain game tersebut dengan mudah, antara lain:

  • Pertama, setiap pemain akan di bagikan 13 kartu oleh pembagi kartu. Kemudian, masing-masing dari kartu tersebut akan di bagi menjadi 3 bagian.
  • Kedua, kartu yang berurutan di susun dengan 5 buah bagian bawah, 5 bagian tengah, dan 3 bagian atas. Anda harus memastikan susunan di baris paling bawah terdapat kombinasi dengan nilai tinggi. Lalu, di lanjutkan sampai bagian atas dengan poin paling rendah.
  • Ketiga, jika ada pemain yang melakukan kesalahan dalam menyusun kartu, maka dapat di nyatakan kalah dan diskualifikasi.
  • Keempat, pemain harus Menyusun kartu dengan kombinasi tertentu yang dapat menghasilkan poin. Kemudian, proses perhitungan poin sesuai kombinasi yang telah di buat sebelumnya.
  • Kelima, setiap kombinasi dapat di ubah menjadi poin dan pemenang akan di lihat dari simbol. Mulai dari sekop, hati, keriting, dan wajik. Hal ini menjadi simbol yang urut dari poin tinggi ke rendah.
  • Keenam, poin penting dari permainan ini adalah setiap pemain akan mengalahkan pemain lain dari kombinasi kartu yang di buat. Namun, jika pemain yang menang dapat berhasil di kalahkan, maka tidak ada yang menang atau kalah.
Gambar by Linkedin.com

Nilai Poin

Berikut ini adalah nilai poin yang di hasilkan dalam permainan tersebut, antara lain:

  • Pertama, poin tertinggi disebut sebagai royal flush dengan 5 kombinasi (kartu10 sampai As). Lalu, straight flush terdiri dari 5 kombinasi kartu (kartu 5 sampai 9).
  • Kedua, four of a kind yang dapat di susun dengan 4 kombinasi kartu yang terdiri dari simbol, angka yang sama, dan 1 kartu bebas. Kemudian, full house yang memiliki 2 kartu dengan berurutan dan di tambahkan 3 kartu berurutan dengan simbol yang sama.
  • Ketiga, flush yang di buat dengan menyusun 5 kombinasi (kartu simbol sama dan angka berbeda) dan tidak berurutan. Selanjutnya, Straight yang di susun dengan kartu angka berurutan dan di susun menggunakan simbol tidak sama.
  • Keempat, three of a kind di susun dengan 3 kombinasi kartu yang sama, 2 kartu berbeda dan bebas. Kemudian, double pair yang terdiri dari 2 kartu berurutan dan 1 kartu bebas. Selain itu, ada pair yang di susun dengan 2 kartu sama.

Demikian penjelasan tentang cara mudah main capsa susun untuk pemula yang dapat di sampaikan dalam artikel di atas. Semoga bermanfaat 🙂