Cara Bermain Game Scrabble Bahasa Inggris

Playmistover.comCara bermain scrabble bisa kamu mulai dengan mempersiapkan segala jenis komponennya. Gamenya sendiri sudah terdiri atas 2 hingga 4 orang, yang mana akan bersaing untuk bisa menyusun huruf menjadi sebuah kata. Sebelum memulai, maka kamu persiapkan lebih dulu : papan scrabble dengan ukuran 15×15, 100 tiles dengan 98 tiles sudah berisikan huruf yang bernilai dan 2 nya kosong. Serta siapkan 4 rak untuk meletakkan tiles bagi pemain.

Apabila semua persiapan atas komponennya sudah siap, maka nantinya tiap pemain harus sepakat mengenai bahasa yang di gunakan. Kamu bisa saja memakai kamus bahasa Inggris, agar sekiranya kamu bersama teman-teman bisa sekaligus belajar bahasa Inggris.

Cara Bermain Scrabble Sesuai Panduan

Sebenarnya, aturan dari permainan Scrabble sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu menyusun huruf agar kiranya menjadi sebuah kata, dan menghitung skor dari huruf yang ingin kamu letakkan pada papannya. Pemain dengan skor tinggi, maka akan di jadikan pemenang dalam gamenya.

  1. Setiap pemain, akan di bekali oleh 7 tiles yang nantinya akan di ambil sendiri secara acak.
  2. Pemain pertama, akan langsung memulai dengan cara menyusun dari kotak yang berada pada  bagian tengah, mendatar, maupun menurun.
  3. Setelah pemain pertama selesai, barulah di susul oleh pemain berikutnya untuk menyusun kata. Intinya, masih harus berpotongan dari huruf yang mana sudah di susun pemain sebelumnya.
  4. Ketika sudah meletakkan tiles pada  papan, setiap pemain tentu saja harus mengambil tiles lagi yang sesuai ia keluarkan.
  5. Setiap seorang pemain yang selesai memainkan gilirannya, maka ia harus bisa menghitung poin yang telah di dapatkan.
  6. Tiles yang sudah di susun pada papan tidak boleh di pindahkan lagi.
  7. Tiles yang kosong, nantinya bisa di jadikan huruf apapun tapi tidak akan memiliki poin sama sekali.
  8. Pemain bisa memakai gilirannya untuk menyusun kata atau bahkan menukar huruf yang di milikinya.
  9. Permainan akan segera berakhir jika keseluruhan dari huruf sudah habis di mainkan. Satu pemain yang telah berhasil menghabiskan tiles miliknya atau memang sudah tidak memiliki ruang lagi untuk membuat sebuah kata. 

Sistem Penilaian pada Game Scrabble

Dalam sebuah permainan, pastinya yang membuat  hal tersebut makin seru adalah  saat menentukan siapa yang akan menang dan siapa yang kalah. Sebenarnya, masih sama seperti permainan lainnya bahwa Scrabble juga memiliki aturan sendiri di dalam menentukan siapa pemenang utamanya. Memang, mengenai hal ini kamu  harus sedikit melakukan perhitungan. Namun, perhitungannya masih sederhana dan mudah kok !

Cara bermain scrabble sesuai penilaian memiliki 2 sumber poin yang terletak pada huruf juga warna papan. Nah, poin di huruf dapat kamu lihat melalui angka yang tertera pada bagian pojok bawah tiap tiles. Kurang lebih penjelasannya seperti : 

→ Poin Huruf = 0 poin ( tiles kosong ), 1 poin khusus huruf ( A,E,I,L,N,O,R,S,T,U ), 2 poin pada huruf ( D,G ), 3 poin ( huruf B,C,M,P ), 4 poin untuk ( F,H,V,W,Y ), 8 pont bagi huruf ( J dan X ), sedangkan 10 point untuk ( Q juga Z ).

→ Kotak Biru Muda = memiliki tanda atas double letter score. Setiap huruf yang jatuh pada kotak tersebut, poinnya akan di kalikan 2.

→ Kotak Biru Tua = tandanya adalah triple letter score. Artinya, tiap huruf yang jatuh di kotak tersebut memiliki poin di kali 3.

→ Kotak Merah Muda = menandakan bahwa scorenya double world. Artinya, total daripada nilai kata yang huruf jatuh di koak tersebut akan di kali 2.

→ Kotak Merah Tua = berarti kebalikannya, yakni triple word score. Total nilai kata yang hurufnya jatuh pada kotak tersebut, nilainya akan di kali 3.

Nantinya, poin yang sudah di kumpulkan selama permainan berlangsung bisa kamu jumlahkan. Lalu, kurangi lagi dengan total poin dari sisa tiles yang berada di rak. Jadi, seandainya kamu mendapatkan total 100 score dan sisa daripada tiles yang kamu miliki adalah 5 poin. Maka, score terakhir kamu adalah 100 – 5 = 95 poin. Apabila pemain lain nilainya di bawah kamu, maka kamu adalah pemenangnya dan begitupun sebaliknya.