Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2, Mana yang lebih Baik ? 

Playmistover.comPerbedaan nintendo switch v1 dan v2 dapat di lihat dari beberapa aspek. Sepertinya nintendo masih menjadi permainan yang tak lekang oleh waktu dan banyak di gandrungi oleh setiap kalangan. Pihak produsen masih terus memperbarui produknya, termasuk dalam melakukan upgrade dari lawan ke teknologi baru. Jika kamu tertarik untuk bisa memiliki konsol game ini, namun bingung dalam pemilihannya. Maka, coba lihat beberapa perbedaan yang mutlak daripada konsol tersebut di bawah ini !

Melihat Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2

Walau bisa di lihat dari beberapa aspek, tapi tidak begitu signifikan bisa di lihat melalui tampilan fisik dari keduanya. Perbedaan nintendo tersebut, sudah berada pada spesifikasi penggerak maupun fitur di saat sedang memainkannya. Uniknya lagi, untuk versi terbarunya di jual jauh lebih murah dari versi sebelumnya. Berikut ada beberapa perbedaan yang dapat terlihat jelas dari nintendonya : 

1. Prosesor Jauh Lebih Canggih

Pertama-tama, kamu bisa melihat perbedaan dari penggerak atas seluruh fungsi konsolnya. Nintendo Switch V1 memakai adanya penggunaan Nvidia Tegra X1 dengan adanya Clock Speed 1 GHz. Sedangkan terbarunya di V2, memakai Nvidia Tegra X1+ dengan adanya Clock Speed 1,7 GHz. Pembaruan atas chipset int di kedua konsolnya, mampu menyebabkan switch V2 jauh lebih responsif dan cepat. Jadi, kamu bisa menjalankan segala jenis game jauh lebih lancar di banding pada versi sebelumnya.

2. Melihat Tampilan dengan Opsi Warnanya

Selanjutnya, kamu dapat melihat dari kedua hal tersebut. Walau sepintas memang mirip, tapi desain daripada nintendo switch V1 dan V2 memiliki perbedaan. Untuk perbedaannya sendiri ada pada penambahan logo nintendo di bagian belakang, serta adanya sedikit perubahan warna pada bagian atas serta bawah konsol. Lalu, untuk versi V2 nya, memiliki Joy-Con / perangkat kontrol dengan berbagai macam pilihan warna. Tentu saja memakai warna ciri khas mereka, yakni biru-merah dan ada perak yang tak mencolok. Antena di switch V2 pun, telah di pindah lokasikan. Menariknya lagi, hal tersebut sudah memiliki dampak positif pada konektivitas kontrolnya.

3. Perbedaan Nintendo Switch V1 dan V2 pada Ketahanan Baterai

Nah, salah satu perbedaan lainnya yang terlihat pada nintendo V1 dan V2 ialah kapasitas maupun ketahanan baterainya. Situs web nintendo telah menyebutkan bahwasannya switch V1 bisa bertahan mulai dari 2.5 jam sampai 6.5 jam. Sedangkan pada switch V2, hanya mampu bertahan pada kisaran waktu 4.5 hingga 9 jam. Adapun ulasan perbandingan dari keduanya di dalam situs Imore yang bisa kamu ketahui. Perbandingan ini terjadi ketika sedang bermain game The Legend of Zelda: Breath of the Wild yang mana menjadi permainan konsol penguras baterai. Dengan adanya penerapan kecerahan dan pengaturan lain yang sama, maka hasil switch V1 akan bertahan kurang lebih 3 jam. Sedangkan di V2, mampu bertahan selama 5.5 jam.

Perbedaan Utama dari Update Fitur dan Harganya

Nintendo Switch V2 memiliki adanya fitur yang jauh lebih lengkap daripada V1. Salah satunya yang paling mencolok ialah Bluetooth 5.0 dengan guna sebagai penghubung ke perangkat lain layaknya headset bluetooth. Adanya versi terbaru ini, tentu saja membuat konektivitas jauh lebih cepat terkait jangkauannya. Sedangkan mengenai harga, di lihat pada tahun 2023 kemarin. Nintendo Switch V2 jauh lebih mahal di bandingkan dengan V1. Hal ini di sebabkan oleh adanya spesifikasi jauh lebih baik daripada versi kedua dan juga waktu rilis V2 jauh lebih kekinian. Mengenai harga, di banderol dari 299.9 $ Amerika atau sekitar Rp. 4,7 juta. Dan untuk saat ini, versi pasaran lawasnya telah tersedia dengan harga Rp. 2,5 jutaan saja.