Cara Mengatasi Gyroscope Error PUBG di Android

Playmistover.comCara mengatasi gyroscope error PUBG sebagai pemain harus bisa mengetahuinya. Jika masalah ini terjadi, pastinya para pemain akan merasa terganggu akan hal tersebut. Walau tidak semua memakai fitur tersebut, namun belakangan ini masih banyak penggunanya. Nah, salah satu pemain yang mengandalkannya ada pada game battleground mobile atau PUBGM. Gunanya tentu saja untuk bisa menggerakkan arah pada kamera atau di saat kamu memakai scope. Lantas, saat sedang menggunakanya tiba-tiba saja tak berfungsi, bagaimana cara mengatasinya ? Kurang lebih, berikut adalah referensinya.

Cara Mengatasi Gyroscope Error PUBG atau Tak Berfungsi

Jika di tanya kenapa tiba-tiba saja gyroscope pada permainan PUBG Mobile tidak berfungsi. Maka, pertama-tama kamu bisa coba untuk melakukan pengecekan terhadap HP nya terlebih dahulu. Apakah dari awal sudah support atau justru belum sama sekali. Lalu, bagaimana cara pengecekanya ? Cukup mudah, kamu bisa melakukan : 

  1. Instal lebih dahulu CPU-Z dan membuka aplikasinya
  2. Jika sudah, masuk ke bagian tab sensors.
  3. Terakhir, lihat saja apakah ada kolom Gyroscope di sana atau tidak.

Catatan singkat : 

  • Kolom gyroscope sudah pasti tertera di sana, apabila hp kamu telah support sensornya. Namun, untuk pengecekan angka kadang kala tidak ada.
  • Terkait atas penyebab tak berfungsi dengan sendirinya, bisa datang dari sistem hp yang error. Kemungkinan besar mengalami bug atau semacamnya.

Mengenai error gyroscope ini, bisa terjadi pada seluruh device ya ( baik Android maupun iOS juga sama ). Untuk android, baik itu hp Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya. Juga sama saja akan mengalami masalah seperti ini. Demi bisa memperbaikinya, kamu dapat ikuti tutorial berkut : 

1. Coba Untuk Restart HP Lebih Dulu

Saran pertama yang dapat kamu lakukan adalah untuk coba dalam melakukan restart hp terlebih dahulu. Hp dengan device android, sejatinya saat sedang aktif. Sistem mereka bisa menjalankan banyak sekali aplikasi, bahkan terkadang membuatnya menjadi tak stabil. Hal ini tentu saja mampu membuat sebuah fungsi dari android bisa menjadi error atau bahkan tak aktif. Tanpa terkecuali, sensor gyroscope pun juga ikut andil terkena. Nah, solusi pertama yang bisa kamu jalankan mau tidak mau adalah melakukan restart hp.

2. Cara Mengatasi Gyroscope Error PUBG dengan Kalibrasi

Pengaturan terkait gyroscope, memang tak bisa kamu temukan. Akan tetapi, untuk pengaturan dari kalibrasinya sudah pasti bisa kamu buka lewat halaman tes hardware. Halaman tersebut tentu saja bisa kamu akses menggunakan versi kanel pada pengaturan HP. Caranya : 

  • Membuka setelah hp android terlebih dahulu.
  • Lalu, langsung geser saja ke awarah bawah dan buka bagian menu mengenai HP.
  • Jika sudah, coba saja cari psi versi Kernel.
  • Ketemu ? Langsung saja klik opsi tersebut sebanyak 5 kali. Nantinya akan langsung muncul pada pesan jendela baru.
  • Kemudian, bisa kamu cari opsi Gyroscope dan buka saja opsinya.

Cara mengkalibrasi, cukup dengan : 

  • Meletakkan hp pada tempat yang posisinya datar.
  • Setelahnya, kamu pencet saja tombol bertuliskan Calibration pada halaman gyroscope.
  • Jika sudah, akan muncul pesan bertuliskan ‘Calibration Success’.
  • Lalu, tekan kembali tombol back pada hp demi bisa menutup halaman.

Noted = untuk kode-kode di atas, tidak semua jenis / merek hp ada ya. Namun, lebih lengkapnya bisa coba cek di google dengan kata kunci KODE ERROR MERK HP saja, ya.

Sisanya, kamu hanya perlu melakukan flash ulang hp android dan juga update pada bagian sistem androidnya, ya. So, selamat mencoba dan semoga berhasil !