Penyebab dan Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri di PC

Playmistover.comCara Mengatasi Game Keluar Sendiri di PC. Salah satu masalah yang sering terjadi dalam bermain game menggunakan perangkat PC adalah keluar sendiri dari aplikasi. Hal ini di sebabkan oleh aplikasi yang mengalami crash dan membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih besar. Dengan permasalahan yang serius tersebut tentunya membuat para pemain merasa jengkel dan harus mengetahui cara mengatasinya. Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut dalam bermain game? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Gambar by duniagames.co.id

Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri di PC

Berikut ini adalah cara yang bisa di lakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut, antara lain:

1. Masalah Dengan Antivirus

Apabila game yang di mainkan tiba-tiba keluar sendiri, maka kemungkinan besar mengalami masalah dengan antivirus. Terkadang antivirus mendeteksi game yang di install sebagai program berbahaya yang harus di hapus. Selain itu, game tersebut melakukan sesuatu hal yang mencurigakan dan membuat terdeteksi sebagai virus. Jika mengalami masalah tersebut, maka solusinya dengan mematikan antivirus terlebih dahulu yang ada pada perangkat PC. Antivirus yang bisa di matikan adalah antivirus bawaan, mulai dari Windows 10 atau Windows Defender. Pengguna harus mematikan antivirus tambahan yang sengaja di install di PC. Tujuannya agar game bisa di mainkan tanpa mengalami force close.

2. Windows Error Karena Virus

Jika game yang di mainkan mengalami force close, ada kemungkinan penyebabnya adalah windows error. Masalah tersebut bisa menyebabkan game tiba-tiba keluar sendiri saat di mainkan. Windows error bisa terjadi karena serangan virus yang menyebabkan PC menjadi panas dan mengalamai force close. Solusi dalam mengatasi hal tersebut adalah menginstall ulang Windows 10 di komputer. Saat menginstall ulang, pastikan Windows 10 yang ada di komputer sudah terinstall dengan benar. Tidak ada yang kurang dan program yang mengalami crash. Pastikan keadaan Operating System Windows bekerja 100 persen dengan optimal.

Gambar by duniagames.co.id

3. File Game Corrupt

Game yang tiba-tiba keluar sendiri dari PC bisa di sebabkan karena file corrupt. Apabila game sering keluar sendiri, maka besar kemungkinan file game mengalami kerusakan, error, dan corrupt. Hal ini terjadi karena ada komponen file game yang hilang, sehingga bagian game tidak lengkap. Solusinya adalah melakukan reinstall aplikasi game yang sering keluar sendiri. Sebaiknya, reinstall game di lakukan setelah menginstall ulang Windows 10. Dengan begitu, pengguna bisa memastikan bahwa tidak ada file game atau aplikasi Windows 10 yang mengalami kerusakan atau crash.

4. Banyak Aplikasi yang Dibuka

Force close game bisa di sebabkan oleh banyaknya aplikasi lain yang di buka. Hal ini tentunya bisa membuat proses loading dapat memicu komputer menjadi panas dan mengalami force close. Selain aplikasi yang di buka secara bersamaan, terkadang menginstall aplikasi dalam jumlah banyak di waktu yang sama juga bisa menimbulkan force close. Solusinya adalah menutup aplikasi lain yang sudah tidak di gunakan. Kemudian, membiarkan komputer bekerja dengan 1 sampai 2 aplikasi saja. Apabila pengguna mendownload aplikasi yang terlalu banyak dalam waktu yang sama, sebaiknya lakukan uninstall atau disable pada aplikasi yang jarang di gunakan.

Gambar by www.kepoindonesia.id

Demikian penjelasan menarik tentang penyebab dan cara mengatasi game keluar sendiri di pc yang di sampaikan dalam artikel di atas. Kemudian, semoga setelah membaca pembahasan artikel ini, Anda dapat memahami dengan baik, dan menjadikan tambahan referensi.