Urutan Capsa Banting dan Cara Memainkannya

Playmistover.comUrutan capsa banting dapat kamu ketahui dalam artikel ini Capsa sendiri sudah di kenal sebagai permainan dengan mengandalkan media kartu sebanyak 13. Gamenya sendiri di mainkan oleh 4 orang pemain dan yang berhak jalan pertama adalah pemain dengan kartu kecil senilai 3. Untuk kartunya sendiri, harus di keluarkan pada awal permainan. Bisa satu atau memakai kombinasi, intinya permainan ini akan tetap berjalan searah jarum jam. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ulasan terkait cara dalam memainkanya.

Urutan Capsa Banting Sesuai Aturan Main

Ada 2 aturan tetap yang bisa kamu ketahui dalam permainan Capsa Banting, mulai dari : 

1. Kekuatan dari kartu

Seperti yang kita tahu, bahwa kartu remi telah terdiri dari angka 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K,AS. Nah, dalam permainanya, nomor tersebut jelas menentukan seberapa besar kartu yang sedang kamu pegang. Tapi, di sini kartu dengan angka 2 sudah menjadi paling kuat dan 3 termasuk paling rendah. Jadi, urutannya akan berubah menjadi : 3,4,5,6,7,8,9,10,J,1,K,AS,2. 

2. Urutan atas lambang kartu

Jangan salah, urutan dari lambang kartu juga terbilang penting. Sebab, lambang ini yang nantinya bisa menjadi penentu atas kartu mana yang jauh lebih kuat. Berikut ini susunan dari 4 lambang kartu remi yang terlemah hingga terkuat : Wajik / Diamond, Kriting, Heart dan Sekop. Contoh ; jika ada kartu 8 sekop dan 8 keriting, maka untuk sekop nilainya jauh lebih tinggi ketimbang keriting. Tapi bagaimana jika kartu sekopnya justru 5, tapi keritingnya 8 ? Tetap saja, yang menang adalah sekop.

NOTED : Saat memainkannya, kamu bisa dengan mudah menghafal kartu terlebih dahulu dan di susul dengan lambangnya ya. Hal ini agar cepat dalam mengetahui perputaran kemenangan atau tidaknya.

Cara Memainkan dengan Benar

Sudah tahu pengertian dan urutan atas kartu capsa banting ini bukan ? Kini waktunya kamu terjun dalam memahami seperti apa cara dalam memainkannya. Mulai dari : 

1. Mengeluarkan Kartu 3 Wajik / Diamond

Saat memulai permainan capsa banting ini, orang yang memegang kartu 3 wajik harus mengeluarkannya. Tapi, pengeluaran ini dapat di lakukan dengan memakai cara single, double, atau bahkan combo. Saran dari mimin sih, coba saja untuk mengeluarkan kartu 3 wajik dengan cara selain single ya. Kalo bisa sih, kamu bermain double atau combo juga bagus. Memangnya, apa saja sih beda di antara ketiganya ? Yuk, lihat penjelasan setelah ini.

2. Single ? Double ? atau Combo ?

Jika kamu memiliki kartu di tangan dan bisa di keluarkan, namanya adalah “BANTING”. Nah, cara tersebut bisa untuk single, double, maupun combo. Untuk single, berarti kamu sebagai pemain akan mengeluarkan kartu seperti biasa secara satu persatu. Jika double, berarti kamu mengeluarkan dua kartu secara bersamaan dengan nomor sama. Misalnya : 7 heart dengan 7 kriting. Apabila kamu sedang bermain double, maka hanya bisa di lawan dengan sistem double juga ya. Begitupun dengan single, harus sesama single dalam melawan kartunya. Oh ya, untuk lambang dalam kartu juga masih berlaku dan contohnya seperti apa yang mimin jelaskan sebelumnya.

Kemudian ada yang namanya combo atau three ! Tapi, aturan ini sayangnya tidak selalu berlaku pada semua tempat permainan ya. Sebelum bisa menggunakannya, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu aturan tersebut berlaku atau tidak di tempat kamu bermain. Untuk three atau combo ini, kamu akan memakai 3 kartu pada nomor sama dan lawan juga harus memakai 3 nomor sama. Memang akan jauh lebih sulit sih, wajar saja jika aturan tersebut jarang ada yang menggunakannya.