Cara Main Kartu Ceki dan Aturannya Untuk Pemula

Playmistover.comCara main kartu ceki bagi para pemula sebenarnya tergolong sulit, karena berbeda dengan jenis remi pada umumnya. Sejarah singkat mengenai Koa / Ceki atau Pei merupakan salah satu permainan tradisi bagi kaum peranakan pada beberapa abad yang lalu. Dulunya, memang sudah sering kali di mainkan oleh kaum peranakan sebagai game judi. Nah, penyebarannya sendiri sudah ada di kawasan nusantara dan asia, layaknya : Malaysia, Singapura, juga Indonesia. Menurut wikipedia, permainannya masuk dalam kategori tertua di dunia dan asal muasalnya dari permainan mahjong atau sejenisnya.

Mengenal Cara Main Kartu Ceki

Di Indonesia sendiri, di beberapa daerah orang-orangnya masih memainkan game Koa / Ceki / Pei. Nah, dua di antaranya adalah daerah Sumatera Barat ( Minangkabau ) juga Bali. Khususnya di Sumatera Barat, permainannya sudah masuk sebagai game keseharian bagi masyarakat terutama lagi pada malam har setelah selesai begadang. Bisa di katakan, permainan tersebut sudah masuk ranah hiburan tersendiri di dalam membantu menghilangkan penat keseharian. Tentunya, di mainkan secara biasa atau tidak mengusung tema perjudian.

Koa / Ceki / Pei telah menjadi permainan kartu yang terbilang cukup rumit di bandingkan dengan jenis kartu lainnya. Para pemain yang notabene-nya adalah pemula, harus dapat bermain dengan total 180 kartu ( 3 set / lakon ). Di mana untuk masing-masing 1 lakon / set nya sudah terdiri atas 60 kartu. Nah, masing-masing dari kartu tersebut juga di isi oleh nama-nama tersendiri. Jadi, para pemula wajib banget nih untuk bisa menghafal setiap nama kartu tersebut. Untuk para pemenangnya adalah mereka selaku player yang memang bisa menyamai kartu-kartu sesuai akan jenisnya.

Menghafal Jenis dan Nama-Nama Kartu Ceki

Seperti apa yang sudah mimin beritahukan di atas. Untuk bisa memainkannya, maka kamu harus memastikan diri agar bisa menghafal keseluruhan jenis daripada nama kartu ceki itu sendiri. Contoh mudahnya bisa melihat gambar yang terlampir di bawah ini : 

Apabila kamu sudah hafal terkait jenis dari kartu tersebut, Maka, kini waktunya untuk bisa melakukan permainan secara team. Nah, nantinya akan ada 4 orang yang terbagi menjadi 2 team. Di mana panggilan khas dalam team ini di sebut sebagai Mandan. Agar kamu bisa mencapai titik kemenangan dalam menyusun kartu yang sama. Sudah semestinya di butuhkan kerjasama antar Mandan yang amat sangat di perlukan.

Apa Capsa / Ceki Permainan yang Sama ?

Secara kategori, masih sama-sama menjadi permainan dengan media utamanya adalah kartu. Untuk capsa sendiri, jika kamu cari di internet telah memiliki arti 13. Kenapa ? Karena, setiap pemain nantinya akan mendapatkan masing-masing 13 kartu. Selain itu, bisa juga di sebut dengan Big Two, sebab kartu paling tingginya itu 2. Nah, kartu yang biasa di pakai untuk permainan ini adalah Remi dengan minus pemakaian Joker. Itu semua bukan tanpa alasan, melainkan kartunya sendiri tidak memiliki arti dalam gamenya.

Capsa sendiri sangat populer di kalangan anak muda maupun para orang tua. Terutama sekali bagi mereka yang memiliki jadwal untuk jaga kampung setiap malam. Sudah pasti fix, akan ada permainan satu ini. Tak hanya itu, kadang kala juga akan di barengi oleh permainan kartu remi lainnya maupun ceki. Untuk gamenya memang jauh lebih mudah, karena cukup memainkan sedikit taktik atau strategi saja. Kamu masih bisa mendapatkan kemenangan tersebut dengan sangat mudah.

Kurang lebihnya, itulah yang bisa mimin beritahukan terkait tentang cara main kartu ceki maupun capsa. Semoga penjelasan yang tertera di atas, dapat membantu kamu dalam memahaminya jauh lebih baik lagi.