Cara dan Teknik Bermain Gobak Sodor Permainan Jadul

Cara Bermain Gobak SodorApa permainan tradisional yang paling Anda sukai saat kecil? Sebagai tambahan untuk bermain bentengan, saya juga sangat menyukai bermain gobak sodor. Mungkin anak-anak tidak lagi bermain gobak sodor. Anda mungkin ingin mengetahui cara bermain gobak sodor berikut ini, jika Anda ingin tahu apakah permainan tradisional ini dapat di hidupkan kembali.

Di duga berasal dari Yogyakarta, kata “Gobak Sodor” berasal dari kata “Gobag”, yang berarti bergerak, dan “Sodor”, yang berarti tombak. Selain itu, “Sodor” dapat berarti mengulurkan tangan atau menyodorkan ke depan.

Jumlah pemain dalam gobak sodor harus antara 6-10 orang. Kemudian mereka di bagi menjadi dua tim, tim jaga dan tim serang, dengan masing-masing 3-7 orang.

Cara Bermain Gobak Sodor

Cara bermain Gobak Sodor adalah setiap anggota kelompok jaga berbaris ke belakang dan merentangkan tangan mereka agar lawan tidak dapat melewatinya. Satu penjaga bekerja di garis tengah, tegak lurus dari penjaga lainnya. Selama permainan, salah satu penjaga harus tetap berada di atas garis jaga. Pemain lawan akan mati jika dia tersentuh. Jika grup jaga dapat mengalahkan semua pemain lawan, mereka akan menang.

Permainan gobak lucu ini di mainkan oleh satu orang atau oleh beberapa orang. Tiap tim terdiri dari tiga hingga lima orang dan biasanya di mainkan dengan lapangan segiempat 9 x 4 meter yang di bagi menjadi enam bagian. Setiap anggota tim mendapat giliran untuk menjaga lapangan di bagi dua, menjaga garis horizontal dan vertikal.

Anggota yang berjaga di garis horizontal harus berusaha mencegah lawan mereka melewati garis batas, sedangkan anggota yang berjaga di garis vertikal dapat memanfaatkan keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.

Untuk tim lawan, mereka harus menuju garis ke baris hingga baris paling belakang. Kemudian mereka harus melewati penjagaan lagi hingga sampai ke baris awal.

Tidak hanya di Pulau Jawa, permainan ini juga ada di pulau lain. Nama permainan berbeda, tetapi cara bermainnya sama. Permainan ini di sebut Galah di Kepulauan Natuna, sementara di Riau di sebut Galah Panjang. Di Jawa Barat disebut Galah Asin, di Makasar di sebut Asing, dan di Batak Toba disebut Margala.

Manfaat Bermain Gobak Sodor

Manfaat dari bermain Gobak Sodor adalah pembelajaran tentang persaingan sosial. Dalam permainan ini, anak berusaha mengecoh lawan untuk memungkinkan temannya melewati garis. Ini memiliki sifat bekerjasama, belajar kompak, dan semangat kebersamaan. Selain itu, permainan ini mengajarkan kita untuk tidak putus asa dan terus berusaha. Jangan sampai lawan Anda kalah.

1. Membentuk kepribadian

Shinta et al. (2019) menyatakan bahwa permainan gobak sodor dapat memengaruhi perkembangan sosial, karakter, dan kemampuan anak-anak, menurut International Journal of Sport Culture and Science.

Di antara kemampuan tersebut adalah tanggung jawab, kerja keras, kepedulian, dan kerja sama atau kooperatif. Banyak orang tahu bahwa permainan ini dapat membuat anak-anak berperilaku baik dengan teman-temannya baik saat bermain maupun setelah selesai. Ini di sebabkan oleh fakta bahwa setiap anak di haruskan untuk bekerja sama dengan teman-temannya untuk memenangkan permainan.

2. Melatih kerja tim

Untuk menang melawan kelompok lain, gobak sodor mengharuskan setiap pemain untuk bekerja sama dalam satu kelompok. Kerja tim atau kelompok yang efektif akan membuat tim yang kuat untuk mencapai tujuan bersama.

Ini memiliki manfaat bukan hanya saat Anda bermain permainan ini, tetapi juga saat Anda menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :

***