Cara Main Yoyo dengan Benar, Permainan Jadul yang Populer !

Cara Main Yoyo – Karena terkontaminasi oleh berbagai permainan atau game yang tersedia di perangkat elektronik saat ini, banyak anak-anak di zaman sekarang mungkin sudah meninggalkan permainan tradisional. Meskipun permainan tradisional memang menyenangkan dan tentunya memberikan kenangan yang indah di masa kecil, mereka mungkin sudah meninggalkannya. Yoyo adalah salah satu jenis permainan tradisional. Apakah Anda tahu apa itu permainan yoyo? Apakah Anda tahu bagaimana bermain yoyo? Jika Anda belum melakukannya, lanjutkan membaca ulasan tentang permainan yoyo di bawah ini!

Mengenal Permainan Tradisional Yoyo

Yoyo adalah sejenis permainan yang terdiri dari dua cakram berukuran sama yang biasanya terbuat dari kayu, plastik, atau logam. Setiap cakram terikat oleh sebuah sumbu dan tergulung oleh tali, dengan satu ujung tali terikat ke sumbu dan ujung lainnya bebas. Sementara itu, permainan yoyo adalah sejenis permainan yang sangat populer di beberapa negara. Meskipun biasanya di anggap sebagai permainan untuk anak-anak, banyak orang dewasa yang bisa bermain yoyo.

Secara umum, cara bermain yoyo adalah dengan mengaitkan ujungnya pada tali di jari tengah, kemudian memegang yoyo dan melemparkannya ke bawah dengan gerakan bebas. Efek giroskopik menyebabkan tali terulur di sekitar sumbu, yang memberikan waktu untuk melakukan berbagai gerakan. Dengan gerakan pada pergelangan tangan pemain, tali yoyo dapat di kembalikan ke tangan pemain dan tergulung kembali ke sekitar sumbu.

Ini memberikan gambaran yang sangat baik tentang cara bermain yoyo yang sangat sederhana. Permainan yoyo ini sangat menyenangkan, dan tentu saja telah berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Ada yoyo listrik yang menunjukkan hal ini. Oleh karena itu, ketika Anda memainkan yoyo listrik, Anda sering melihat lampu di samping kiri dan kanannya menyala. Komponen dalam yoyo tentu saja memainkan peran penting dalam permainan yoyo.

Cara Main Yoyo

Teknik Main Yoyo untuk Pemula

Bermain yoyo mungkin tampak sulit bagi seorang pemula. Namun, jika Anda sudah memahami teknik dasar bermain yoyo, kesulitan tersebut dapat di kurangi:

1. Masukkan jari tangan Anda ke dalam lingkaran yang dimaksud untuk kait jari

Jari tengah atau jari telunjuk mungkin yang di maksud. Dengan jari yang Anda pilih senyamannya, Anda dapat mengatur posisi lingkaran. Sebagai pemula, lebih mudah untuk menggerakan yoyo dengan mudah jika lingkaran yoyo di masukkan ke pangkal jari Anda.

2. Tali Yoyo Menempel Pada Porosnya

Jika tali tidak terikat pada poros yoyo, belitkan tali sampai ujungnya menempel pada lingkaran yang di masukkan ke dalam jarimu. Pastikan untuk membelit tali dengan benar agar tali tidak terbelit di bagian cakram.

3. Mulai Lempar Yoyo

Setelah Anda membuat posisi memegang yoyo siap, mulailah melempar yoyo. Ada cara khusus untuk memastikan yoyo kembali ke tangan Anda dengan posisi yang tidak terbelit saat di lemparkan kembali.

Cara paling mudah adalah dengan memegang yoyo dengan telapak tangan dan kemudian menekuk tangan yang memegangnya. Panjangkan tali yoyo dengan jari terbuka setelah melepaskan bundarannya. Coba gerakan ini beberapa kali hingga sikut tangan membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, coba lagi sampai yoyo bisa bergerak jauh dari tangan dan mendekati tangan dengan sempurna.

4. Metode untuk Menarik Yoyo dari Bawah

Jika Anda ingin mengembalikan yoyo yang berada di bawah dengan mudah, lakukan hentakan ketika talinya keluar dari poros dengan lembut. Ini akan membuat yoyo tertarik ke atas dengan mudah hingga sampai di genggaman tangan Anda lagi.

5. Berulang Kali Sampai Anda Mahir

Anda dapat mengulangi teknik bermain yoyo sampai Anda mahir. Melepaskan yoyo dari genggaman tangan ke bawah dan kembali ke genggaman tangan lagi adalah cara untuk melakukan gerakan dasar yoyo. Oleh karena itu, jika Anda seorang pemula, terus lakukan gerakan ini hingga Anda dapat menguasainya. Ada banyak gerakan yoyo yang dapat divariasikan, tetapi jika Anda seorang pemula, Anda harus berlatih gerakan dasar terlebih dahulu sebelum memulai gerakan yang berbeda.

Baca Juga :

***