Ide Game Pramuka Indoor yang Seru

Playmistover.comGame pramuka indoor maupun outdoor, rupanya sangat seru untuk bisa kamu mainkan. Praja Muda Karana atau yang lebih sering di sebut sebagai Pramuka, sudah menjadi salah satu gerakan yang mendunia. Yang mana sebenarnya sudah membentuk adanya perkembangan pemuda & orang dewasa selama kurang lebih 100 tahun. Awal mulanya, sudah di cetuskan oleh Robert Baden Powell, yakni seorang AD di darat Inggris pada tahun 1906 – 1907 silam. Di dalamnya, ada banyak sekali kegiatan yang di lakukan, nah salah satunya adalah kesenangan akan berbagai macam jenis gamenya.

1. Tangkai Sapu Ajaib Bisa Menjadi Game Pramuka Indoor

  • Tujuannya, untuk bisa memberi kesempatan kepada seluruh peserta agar bisa saling mengenal lagi.
  • Bahan utama hanya perlu satu tangkai sapu.

Para peserta bisa membentuk lingkaran terlebih dahulu dan tangkai sapu bisa di letakkan di bagian tengah. Kemudian, para anggota akan di minta untuk bisa membawakan satu macam karakter. Nah, tangkai sapu akan di ibaratkan sebagai sebuah benda yang mana memiliki kesamaan terhadap peran atas karakternya. Nanti, para anggota atau peserta satu persatu di minta maju ke tengah lingkaran dan memperagakan karakter apa yang ia bayangkan. Dari sinilah, sisa anggota lainnya di minta untuk bisa menebak kira-kira siapakah karakter yang sedang di perankan.

2. Bermain Peta Kehidupan

  • Fungsinya bisa memberikan kesempatan bagi peserta untuk dapat saling mengenal bahkan menghilangkan hambatan yang sudah di sebabkan oleh perasaan malu. Sampai bisa juga membangun adanya keterbukaan dan saling percaya antar peserta.

 Gambarkan terlebih dahulu pengalaman pribadi, dengan pengalaman khusus yang amat mengesankan dan nantinya akan di bagi ke peserta lainnya. Cara tersendiri adalah dengan menggambarkan garis kehidupan dari lahir sampai dengan detik ini. Jika dalam beberapa usia tertentu memiliki peristiwa yang membahagiakan, maka garis tersebut akan naik. Namun, jika sebaliknya terdapat peristiwa menyedihkan, garisnya akan turun. Pada titik tersebut, bisa kamu beri gambar yang menunjukan sebuah peristiwa. Contohnya : usia 28 tahun menikah pada titik itu, nantinya akan menggambarkan pasangan pasangan pengantin. Maupun, yang sudah di anggap sesuai akan peristiwa yang mana di maksud.

3. Game Pramuka Indoor Kucing dan Tikus

  • Untuk posisi awalnya, harus bergandengan tangan terlebih dahulu.
  • Aturan bermain, kamu bisa menunjuk seorang dari regu A sebagai kucing. Sedangkan regu B, nantinya akan menjadi tikus.

Sisanya, anak yang lain membentuk adanya barisan perlombaan terbuka dan juga bergandengan tangan. Kucing yang posisinya berdiri, maka akan berada di luar barisan. Nantinya, tikus akan berdiri tersebar di dalam lorong-lorong. Dengan adanya tanda dari pembina, maka kucing sudah mulai siap mengejar tikus untuk bisa di tepuk. Kucing ataupun tikus, hanya boleh berlari melewati lorong dan tidak boleh memutus / melanggar pagar utamanya. Pada saat pembina sudah meniup peluit, cepat-cepat lah pagar hadap ke kanan dan mulai bergandengan kembali.

Saat tikus yang kena timpuk, maka tidak boleh meneruskan permainan dan juga berdiri di luar barisan. Setelah kurang 5 menit bergantian, maka saat ini waktunya regu C menjadi kucing dan regu D jadi tikus. Nantinya, permainan akan tetap di teruskan setiap 5 menit sampai mendapat giliran jadi kucing. Penilaiannya, bisa di lihat ketika setiap kucing menepuk tikus bisa mendapat angka satu. Tiap tikus yang kena tepuk, akan mendapatkan angka kurang satu dan regu yang mendapat angka banyak menjadi pemenangnya !