Aturan dan Cara Bermain Ular Tangga untuk Pemula

Aturan dan Cara Bermain Ular Tangga – Dari generasi ke generasi, permainan ular tangga telah menjadi permainan yang menyenangkan, dan namanya telah beberapa kali berubah. Di Amerika Serikat, permainan ini kadang-kadang disebut Chutes and Ladders (parasut dan tangga), dan di India, disebut Snakes and Arrows (ular dan panah). Sampai saat ini, peraturan permainan tidak banyak berubah. Jika Anda baru mengenal peraturan permainan ini atau jika Anda telah membuat papan permainan ular tangga Anda sendiri, ada baiknya Anda membaca ulang peraturan permainan sebelum bermain. Anda juga dapat mencoba berbagai modifikasi peraturan permainan ini.

Aturan dan Cara Bermain Ular Tangga

Langkah 1, Tentukan Pemain Awal

Tentukan siapa yang mulai bermain. Setiap pemain harus mengocok dadu untuk menentukan pemain pertama. Pemain pertama akan mendapatkan angka tertinggi. Selanjutnya pemain yang duduk di sebelah kiri pemain pertama akan mendapatkan giliran bermain. Pemain berputar dari kiri ke kanan.

Langkah 2, Kocok Dadu

Kocok dadu lagi untuk mengambil giliran dan lihat angka yang Anda dapatkan. Dengan menggunakan pion atau bidak, majulah beberapa petak sesuai dengan angka yang muncul di dadu. Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan angka 2, pindahkan pion Anda ke petak nomor 2 dengan dua kotak. Kemudian, jika Anda mendapatkan angka 5, gerakkan pion Anda maju lima petak dan berhenti di petak nomor 7.

Langkah 3, Naik melalui Tangga

Tangga di papan permainan memungkinkan Anda untuk naik ke baris petak yang lebih tinggi dan mencapai petak akhir dengan lebih cepat. Jika Anda berhenti di petak yang menunjukkan bagian bawah tangga, Anda dapat bergerak naik ke petak yang ditunjukkan oleh ujung tangga.

Langkah 4, Turun saat berhenti di petak Ular

Saat Anda berhenti di petak ular atau parasut, turunlah. Beberapa versi permainan ini menggunakan ular, sementara versi lain menggunakan parasut. Ular-ular ini, atau parasut-parasut, membuat Anda harus mundur karena mereka membuat Anda harus menuruninya. Jika Anda berhenti di bagian atas parasut atau kepala ular, turunkan pion Anda sampai Anda sampai di ujung tubuh ular atau ujung parasut.

Langkah 5, Giliran Tambahan setelah mendapatkan angka 6

Anda mendapatkan giliran tambahan jika Anda mengocok dadu dan mendapatkan angka 6. Pertama, pindahkah pion Anda enam petak, kemudian kocok lagi dadu. Jika Anda berhenti di petak tangga atau ular, ikuti aturan naik atau turun, kemudian kocok lagi dadu untuk memainkan giliran tambahan. Selama Anda terus mendapatkan angka 6, Anda dapat terus bergerak.

Langkah 6, Berhenti di petak terakhir untuk kemenangan

Permainan dimenangkan oleh pemain pertama yang mencapai petak terakhir (petak tertinggi di baris tertinggi). Petak biasanya memiliki nomor 100. Namun, ada kejutan dalam permainan ini. Jika Anda mendapatkan angka yang terlalu besar saat mengocok dadu sehingga Anda harus berhenti tepat di petak akhir, Anda hanya akan menyentuh petak terakhir dan harus terlempar mundur sesuai dengan sisa langkah.

Baca Juga :

***