Cara Main Halma dan Aturan Permainannya secara Lengkap

Cara Main HalmaHalma, juga di sebut sebagai catur Cina, adalah permainan yang membutuhkan strategi yang tepat untuk menang.

Tetapi halma ternyata bukan berasal dari Negeri Tirai Bambu. Sebaliknya, itu berasal dari Amerika Serikat, dan pertama kali di buat oleh George Howard Monks, seorang profesor asal Boston. Halma telah menjadi salah satu permainan yang paling populer sejak di perkenalkan pada tahun 1884. Di ketahui bahwa permainan ini memiliki banyak manfaat yang dapat mempengaruhi kecerdasan berpikir manusia.

Halma juga membantu pemain mengasah otak mereka untuk membuat keputusan cepat. Ini akan membantu mereka mencari solusi untuk masalah yang sedang mereka hadapi. Bagaimana bermain Halma?

Cara Main Halma

Sebagaimana di tunjukkan oleh Adi D. Tilong (2016: 34), permainan halma dapat di mainkan dengan minimal dua pemain dan maksimal enam pemain. Semakin banyak pemain, semakin sulit permainan. Namun, maksimal tiga pemain di sarankan untuk berpartisipasi dalam permainan.

Halma mungkin cukup sulit untuk pemula untuk memainkan, jadi Anda harus tahu cara bermainnya dengan benar. Berikut adalah cara bermain halma dan peraturannya.

Langkah 1, Pahami Papan Permainan

Papan permainan halma berbentuk bintang dengan enam sudut segitiga. Masing-masing sudut memiliki sepuluh lubang, dengan empat lubang di setiap sisi. Setiap sudut segitiga akan di penuhi dengan bidak (pion) yang memiliki kombinasi warna yang berbeda. Totalnya, ada 60 bidak yang di bagi menjadi enam warna berbeda.

Permainan ini dapat di mainkan dengan dua, tiga, empat, atau enam pemain. Sebagai contoh, dua pemain akan memiliki tiga daerah segitiga, sementara enam pemain akan memiliki satu daerah segitiga.

Langkah 2, Memilih Daerah Segitiga

Sebelum bermain halma, pemain harus memilih daerah segitiga untuk digunakan sebagai wilayahnya. Ini akan di lakukan jika permainan di mainkan oleh dua, tiga, atau empat pemain, dan daerah segitiga akan di gunakan saling berhadapan. Namun, jika permainan di mainkan oleh enam pemain, masing-masing pemain akan menguasai satu daerah.

Langkah 3, Mulai Permainan

Pemain dapat memulai permainan dengan melakukan suit atau melempar koin untuk menentukan pemain mana yang mendapat giliran pertama. Pemain harus bergerak dari satu area ke lubang lain setiap kali mereka melompati bidak lain. Setiap pemain memiliki pion yang memenuhi sudut segitiga dan memiliki warna yang berbeda. Pada awalnya, setiap pemain memiliki kemampuan untuk memindahkan bidak ke lubang kosong yang dekat. Bidak dapat bergerak dalam delapan arah, yaitu ortogonal dan diagonal.

Langkah 4, Mengarahkan Bidak pada Daerah Segitiga Besar

Bidak yang berdekatan dengan warna apa pun dapat melompat jika ada bidak lain di hadapannya. Bahkan Bidak yang berdekatan dengan warna apa pun juga dapat melompat jika ada lubang di sisi tepat di sampingnya. Bidak tidak terpengaruh dan tetap di tempatnya saat melompat. Setelah melompat, mereka dapat dimainkan lagi dengan cara yang sama.

Langkah 5, Selesaikan Permainan

Perlu diingat bahwa tujuan utama memainkan halma adalah berusaha secepat mungkin untuk memindahkan semua bidak ke area segitiga yang berada di seberang. Permainan selesai ketika semua bidak berhasil mencapai daerah segitiga tujuan yang terletak di seberang atau berlawanan. Pemain yang akan menjadi pemenang adalah pemain yang paling cepat mengisi penuh daerah segitiga besar tersebut dengan bidaknya.

Baca Juga :

***