5 Deretan Game Populer yang Dianggap Plagiat

Game Plagiat – Di era modern ini, minat seseorang untuk mencari hiburan melalui permainan semakin meningkat. Game telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga, eSports, selain di anggap sebagai hiburan singkat. Akibatnya, ada beberapa orang yang menjadikan kemampuan bermain game sebagai bakat yang harus selalu di asah. Tak mengherankan jika para developer game juga semakin banyak dan semakin gencar mengiklankan game-game yang mereka buat. Sayangnya, plagiarisme nampaknya sering terjadi, bahkan game aslinya tidak sepopuler game peniru.

Deretan Game Plagiat

1. Mobile Legend

Orang-orang pasti tidak asing dengan game Mobile Legend, yang merupakan salah satu game yang sangat populer di seluruh dunia. Sayangnya, ada rumor bahwa game bergenre moba ini pernah melakukan plagiarisme. Game ciptaan Moonton ini di tuduh meniru League of Legends, game besutan Riot Games. Ini menunjukkan bahwa developer game Mobile Legend harus membayar denda sebesar USD 2,9 juta.

Dokumen tuntutan Riot Games menunjukkan bahwa Moonton secara eksplisit meniru logo, kulit, hero, senjata, dan teknik pemasaran. Namun, Moonton menang dalam persidangan, dan Tencent dan Riot Games di minta untuk memberikan klarifikasi atas fitnah yang merusak reputasi Moonton. Pencapaian kapital tinggi di pasar Asia Tenggara adalah salah satu faktor yang memenangkan Moonton di persidangan.

2. Crash Team Racing

Orang-orang yang memiliki PlayStation 1 pasti tidak asing dengan game ini. Pada masa kejayaan PS 1, game Crash Team Racing menjadi sangat populer. Namun, siapa yang akan mengira bahwa game yang memiliki banyak kenangan ini ternyata merupakan karya orang lain?

Namun, seperti yang diantisipasi, meskipun gameplaynya meniru Mario Kart, versi sebelumnya, game ini justru yang paling sukses di pasar. Para pemain yang sekarang memainkan Crash Team Racing Nitro-Fueled mengatakan mereka belum bisa beralih dari Crash Team Racing PS 1 karena banyaknya kenangan yang telah mereka miliki dengan game tersebut.

3. Fortnite

Dua game battle royale paling kontroversial adalah Fortnite dan PlayerUnknown’s Battleground, atau PUBG. Tidak seperti pendahulunya, PUBG, Fortnite tampaknya memiliki peminat yang jauh lebih besar daripada PUBG. Selain itu, PUBG hanya populer di Asia.Game Fortnite, yang meniru dan memodifikasi PUBG, menjadi semakin populer di seluruh dunia hingga menjadi salah satu turnamen eSports terbesar. Ini kembali mencuri perhatian karena memiliki banyak pemain yang berhasil menyaingi Dota 2.

4. Guitar Hero

Guitar Hero adalah game simulasi yang mensimulasikan bermain gitar, instrumen yang sering kita dengar atau bahkan mainkan. Bagaimana dengan itu? Sejak peluncurannya pada tahun 2005 untuk platform PS2, game ini telah menjadi legenda. Namun, apakah Anda tahu bahwa game ini termasuk dalam daftar game yang melakukan plagiarisme? Seperti yang diharapkan, Guitar Hero jauh mengalahkan GuitarFreaks, game plagiat dari game Konami tahun 1999.

5. Candy Crush

Candy Crush Saga adalah game yang dibuat oleh King yang memungkinkan pemain melakukan perjalanan dan menyelesaikan teka-teki di dunia permen. Tidak diragukan lagi, game puzzle seperti Candy Crush sangat populer, bahkan mengalahkan pendahulunya, Bejeweled.

Bagaimana dengan itu? Jutaan pengguna Facebook mengatakan bahwa game ini menjadi salah satu game yang paling sering mereka mainkan setiap hari.Meskipun ada tuduhan plagiarisme, kita mungkin sama-sama tahu bahwa permainan puzzle match-three ini hampir tidak berubah sejak Panel Depon/Tetris Attack dari Nintendo pada tahun 1995. Siapa yang sebenarnya plagiat sejak awal, ya?

Baca Juga :

***